Keuntungan dan Kerugian Dofollow Blog

Setelah posting mengenai daftar blog dofollow dan pengertian tentang blog dofollow itu sendiri, saat ini saya akan posting mengenai keuntungan dan keruagian blog dofollow.



Saat ini, dofollow adalah kata yang tidak asing bagi kita, terutama bagi para blogger yang hobi hunting backlink dengan cara berkomentar. Masih banyak yang ragu untuk membuat blog mereka dofollow karena beberapa faktor, seperti takut rankingnya tersaingi oleh blogger lain, ataupun takut pagerank-nya di sunat oleh Om Google. Saya sendiri tidak bisa berkomentar terhadap yang satu ini karena saya memang bukan karyawan Google. Beberapa waktu yang lalu, Blogger telah membuat seluruh blog berbasis Blogspot menjadi no follow karena adanya teknik untuk membuat link dalam komentar menjadi dofollow menjadi mudah, mungkin di antara kita sudah sering mempraktikkannya. Tapi dalam postingan kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari dofollow blog.


Keuntungan :

1. Mendapat lonjakan traffic yang berlipat ganda, apalagi jika anda pengguna Wordpress dan menggunakan plugin KeywordLuv, anda akan mendapat trafik dari search engine dalam jumlah yang lumayan

2. Mendapat komentar yang berlipat ganda, tahu sendiri lah kenapa :)

3. Biasanya akan ada banyak pengunjung setia (loyal reader) yang selalu mengunjungi blog kita

4. Jumlah pelanggan feed bertambah drastis, karena pelanggan ingin selalu mengikuti update blog anda

5. Blog menjadi semakin populer apabila blog anda sebelumnya telah populer dengan keadaan no follow.

6. Mendapat traffic yang stabil walaupun blog jarang update

7. Menghargai para komentator yang telah bersusah payah memberi comment, sehingga memotivasi mereka untuk memberi comment yang lebih baik lagi


Kerugian :

1. Banyak comment yang bersifat spam dengan tujuan hanya mendapat backlink semata

2. Sudah pasti anda akan kewalahan mengurus banyaknya komentar (apabila anda memoderasi seluruh komentar tersebut)

3. Kesempatan untuk menjual link atau iklan berkurang karena para advertiser dapat memanfaatkan blog anda yang dofollow.

4. Apabila terlalu banyak komentar (sekitar di atas 100), maka search engine akan kewalahan mengindex blog anda karena terlalu banyak link yang keluar.

5. Apabila backlink-backlink tersebut masih satu tema dengan blog anda, itu tidak jadi masalah, TAPI apabila blog tersebut jauh dari tema blog anda (seperti jualan obat-obatan atau apapun yang tidak berhubungan dengan blog), maka bisa jadi search engine akan menganggap blog anda hanyalah junk blog.

6. Apabila anda menggunakan self-hosted Wordpress, maka bisa jadi bandwidth anda akan cepat habis karena terlalu banyak page impression dikarenakan para pengunjung ingin meninggalkan backlink hampir di seluruh postingan.

7. Komentar yang kurang bagus, di dalamnya terdapat berbagai macam link. Biarpun komentarnya berbobot, namun jika terlalu banyak link akan kurang bagus di mata search engine.

Jadi secara umum Keuntungan Dan Kerugian Blog Dofollow dapat disimpulkan sebagai berikut ini :

1. Keuntungan bagi pemberi comment sudah jelas akan mendapatkan backlink. tentunya ini merupakan tambahan poin untuk meningkatkan pagerank.

2. Keuntungan bagi pemilik blog adalah bertambahnya pengunjung , sehingga meningkatkan traffic, peringkat Rank Alexa turun drastis.. seperti blog ini, umurnya baru seminggu dengan jumlah postingan masih dibawah 10.. sudah mencapai 2,4 juta dari 14 jutaan saat pertama di buat.

3. Sementara orang mengatakan kerugiannya jika setiap link yang masuk atau ada pada blog / web dianggap link yang syah oleh mesin pencari, bisa jadi blog / web tersebut dianggap link farm (peternakan Link). Sehingga nilai Pagerank nya akan turun . Benar atau tidak saya kurang tahu, karena buktinya banyak blog dofollow yang PR nya tinggi,, banyak yang PR 4 dan 5 bahkan ada yang PR 6 tuh. Lagian pula kalau benar, tinggal tanya pada diri sendiri.. bikin blog itu tujuannya ingin berbagi atau ingin mencari PR ??

4. Biasanya karena banyaknya komentar yang masuk, pemilik blog gak bisa/jarang melakukan kunjungan balik ke blog komentator. tapi ini dimaklumi karena telah memberikan backlink sebagi gantinya,,

Saya telah memberikan beberapa contoh kelebihan dan kekurangan dofollow blog. Membuat blog dofollow dapat membuat lonjakan trafik yang cukup cepat, namun terdapat berbagai macam masalah yang berhubungan dengan spam. Akhirnya, keputusan tetap ada di tangan anda, jadi pikirkanlah baik-baik.


Sumber :
http://www.o-om.com
http://linktea.blogspot.com
Posted by: Barajakom Barajakom, Updated at: 09.04

358 komentar:

  1. siip infonya?? sebelumnya saya ucapkan, PERTAMAX! cara lain untuk mendapatkan backlink ya dengan tuker link, jadi 2 way link.
    visit back.?

    BalasHapus
  2. postingan yang menarik dan memberikan wawasan baru, terima-kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  3. hmm..saya dulu dofollow PR nya jadi turun, tapi traffic nya melonjak byk...

    BalasHapus
  4. Halo Salam Kenal,,,Terimakasih Atas TutorialNya. Blog Anda Bagus, Manstab. Berkunjung Balik ya ???


    Salam,

    [rifweb]

    BalasHapus
  5. bagaimana caranya kita tahu blog kita dofollow atau tidak gan??

    BalasHapus
  6. bagaimana caranya kita tahu blog kita/orang lain itu dofollow atau tidak ??

    BalasHapus
  7. ini do follow apa no follow tetep komeng lah...
    salam sukses dari Semarang :)

    BalasHapus
  8. Iya nih, ane juga bingung kok banyak blog dofollow yg pr nya tinggi
    jadi heran

    BalasHapus
  9. siippppp infonya,,, bsa bwt tambahan ilmu bru nie,,, hehehe

    BalasHapus
  10. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  11. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  12. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  13. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  14. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  15. thanx infonya banyak manfaatnya. sukses

    BalasHapus
  16. info keren nih,,,
    tertarik bwt ngubah blog jadi dofollow..
    hehehe..

    BalasHapus
  17. saya pilih nofollow aja deh
    terimaksih atas pencerahannya

    BalasHapus
  18. makasih infonya bos sangat bermanfaat bagi newbi seperti saya.
    plese visit back

    BalasHapus
  19. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  20. wah aku setuju juga tuh Om... aku dulu pernah pake wordpress, ternyata sangat cepat mendatangkan pengunjung om, dan juga banyak spam hehehehe....

    BalasHapus
  21. makasih, tapi saya masih bingung milih no or dofollow?

    BalasHapus
  22. informasi terlengkap ttg naruto mode sannin dan download wallpapernya..

    BalasHapus
  23. informasi terlengkap ttg jinchuriki dan bijuu di dunia naruto..

    BalasHapus
  24. informasi terlengkap ttg yondaime dan biographinya..

    BalasHapus
  25. informasi terlengkap ttg akatsuki dan para anggotanya..

    BalasHapus
  26. informasi terlengkap ttg sharingan dan penggunanya..

    BalasHapus
  27. Thx infonya... moga2 stelah blog ku jadi dofollow bisa meningkatkan Pagerank ku

    BalasHapus
  28. Lengkap banget, jadi untuk dofollow maupun nofollow tergantung dari tujuan kita membuat blog, ingin meningkatkan traffict atau meningkatkan PR...

    BalasHapus
  29. Makasih mas, ijinkan copas mas, ntar saya ikutin sumbernya, makasih, sekalian mampir ke hijaumelati.blogspot.com

    BalasHapus
  30. betul juga tuh, banyak bgt spam yang masuk di blog saya, tapi tidak apa2 untuk berbagi dengan yang lain
    simbiosi mutualisme, kan kita juga mw dapat traffik
    makasih atas infonya.
    by http://www.ergonomicdeskchair-s.com/small-computer-desk

    BalasHapus
  31. siip deh..walaupun masih pusing pake dofollow atau nofollow..

    BalasHapus
  32. Dari semalem baca no/dofollow jadi bingung nh
    mdh2an dpt pencerahan...:)

    BalasHapus
  33. Terimakasih untuk informasinya. Sebenarnya dofollow blog bermanfaat bagi orang yang comment, tetapi ada kerugiannya juga bagi si pemilik blogger.

    BalasHapus
  34. I just want to say that It was very good post, it helped me in finding a good affiliate.

    BalasHapus
  35. nais info gann...
    makassi...
    tapi massi agak sedikit bingung neh ma pnjelasannya...

    BalasHapus
  36. Traffic versus pagerank ya ? Seru juga...

    BalasHapus
  37. Dofollow blog ya...info yang sangat menarik, karena jujur aja agak susah dan sulit mencari dan menentukan blog tersebut dofollow atau tidak...makasih atas infonya...

    BalasHapus
  38. linda wahyu widianti
    linda@jak-stik.ac.id
    http://www.jak-stik.ac.id

    thanks banget jd tahu nih keuntungan dan kerugiaan dan juga apakah suatu blog merupakan dofollow blog

    BalasHapus
  39. Wah penjelasannya lumayan lengkap nih mas, bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk seting dofollow atau tetap nofollow, kebetulan blog wordpress saya juga diset ke blog dofollow, tujuannya untuk berbagi kepada teman-teman yang sudah mampir dan bersedia memberi komentar diblog, tentunya komentar yang bermutu tidak sekedar asal komentar, sukses

    BalasHapus
  40. dijual..
    Rapidleech murah.. cm 30rb per bulan..
    buat info detailnya klik disini deh..

    http://zaxcy.blogspot.com/2010/12/rapidleech-service.html

    ooiya.. kunjungi blog.ku jg ya di.
    http://zaxcy-software.blogspot.com
    or
    http://zaxcy.blogspot.com

    thx buat yg mau mampir ^^

    BalasHapus
  41. karena jarang di apdate jadi kita masih tetap memasukkan do follow gan.

    BalasHapus
  42. Mantab penjelasannya, lengkap banget..
    Saya jadi tahu keutungan dan kerugian Dofollow..

    Terima kasih..

    BalasHapus
  43. saya jadi bingung nih mas,,
    bikin dofollow atau nofollow..
    rencana nya mo bikin dofollow aja.

    BalasHapus
  44. Salam kenal mas, bagus nih artikelnya, ulasannya juga terperinci, terima kasih banyak ya....

    BalasHapus
  45. basgus juga ni infonya ,,,
    blog ini juga blog no follow ea gan???

    BalasHapus
  46. baru tw gw kalo dofollow banyak untungnya....

    makasih infonya ya gan....

    BalasHapus
  47. penghitungan Backlink inbound dan outbond unttuk penhitungan PR hanya dihitung yang ada di homepagenya ya mas?

    BalasHapus
  48. baru tahu karena baru pengen tahu, ternyata begitu ya ... tetep kembali ke tujuan awal ngeblog apa, sepertinya buat yang memburu PR bagus nih supaya dipikirkan baik-baik dulu, saya suka postingannya om ... salam:)

    BalasHapus
  49. wih ngeri juga ya mas,, kalau blog saya kena spam, padahal masih newbie, klo di spam ma om google, bisa jadi malas ngeblog lagi ni gara2 blog no follow ataupun do follow.

    BalasHapus
  50. cara membedakan nofolow dgn do folow gmna maas???

    BalasHapus
  51. liburan sambil nambah wawasan thanks gan infonya jadi referensi saya,pikir pikir lagi ah mo no apa do...

    BalasHapus
  52. emmmhh...kayak gitu ya...
    yang penting blogging tetep jalan..hehehe

    BalasHapus
  53. masih bingung aku dengan pilihan mana yang harus kutempuh ..tapi aku coba dulu jadi dofollow :)

    BalasHapus
  54. Makasih kawan,,saia jd tau perbedaan'y...
    Maklum newbie saia,,wong ndeso mo blajar ngeblog :D

    BalasHapus
  55. mantap bos,jadi bahan pertimbangan saya ke depannya gan thanks

    BalasHapus
  56. blog dofollow memang banyak jadi incaran, terima kasih buat postingnya...saya memang sedang mencari kelebihan dan kekurangan untuk menjadi nodofollow

    BalasHapus
  57. makasih infonya mas

    medicall.co.cc
    kaptenteknologi.co.cc

    BalasHapus
  58. thanks infonya mas sangat bermanfaat

    http://phant0mc0der.com

    BalasHapus
  59. saya sudah mencari backlink kemana2, tapi link in alexa rank saya kok gak bertambah ya? mohon jawabannya di kirim ke blog saya

    http://arekprambon.blogspot.com/

    thanks ya?

    BalasHapus
  60. makasih mas aku jadi tau nih kerugian dan ke untungan nya, tapi blog ni juga dofollow yah

    BalasHapus
  61. kalo jumlah komentar per postingnya dibatasi gimana gan, jadi yang komentar juga dibatasi gitu

    BalasHapus
  62. terkadang soal dofollow ato gk nya itu tergantung yang punya blog....
    keinginan seseorang itu berbeda2...jika ada yang menginginkan dofollow brrarti dia telah menimbang segala dampak baik dan buruknya...So sekali lagi itu terserah yang punya blog....
    Oh ya...mega sendiri blognya Dofollow...
    mgkin sedikit promosi...
    tapi niatnya cuma ngasih tau buat tmn2 yang mau nyari blog dofollow mgkin bs nambah satu lagi list blog dofollownya
    Makasih atas ruang komentarnya..walaupun komentar mega ngak berbobot...


    Salam BaBlogLo

    BalasHapus
  63. Sudah 1 tahun lebuh saya menjadi blog dofollow, sekarangs saya sudah tobat, karena lebih banyak ruginya dari pada untungnya. cape...

    BalasHapus
  64. Update Daily About Business Week, Business Articles, Business News, Business Journal, Business Directory, Business Daily, Business Loan, Google Business, Business Search, Business Letter, and Business Ethics

    BalasHapus
  65. Update Daily About Mobile Me, Firefox Mobile, Common Cents Mobile, Boost Mobile, Credo Mobile, Simple Mobile Reviews, Wow Mobile, Boost Mobile Coverage, and tmobile upgrade

    BalasHapus
  66. Update Daily About Sport Update, Sport News, Inspirational Sports Quotes, Google Sports, Daily Sport, Sports Trivia, Fox Sports Southwest, Current Sports News, Newsday Sports, Watch Sports Live, and Live Sports Streaming

    BalasHapus
  67. Update Daily About Travel Spot, Travel Channel, Travel Advisor, Travel Maps, Travel Ideas, Travel Guide, Travel Agents, Travel Package Deals, Solo Travel and Travel Specials

    BalasHapus
  68. makasih mas informasinya berguna banget,...

    BalasHapus
  69. untung ruginya seimbang yah... berfikir untuk mengubah ke dofollow deh...

    http://muhaiminabd.blogspot.com/

    BalasHapus
  70. point nomor 3 saya sangat setuju, blog adalah untuk berbagi, makanya saya jadikan blog -blog saya dofollow tapi terkadang spammer itu yang gak kuat.

    BalasHapus
  71. hmmmm seperti saya yang memberikan komentar disini hanyalah untuk mandapatkan backlink dari blog agan

    BalasHapus
  72. saya baru rubah jadi dofollow masi mo di ruba lagi jadi nofollow kayak nya terlihat gak punya pendirian kalo saya rubah.. mending saya tetap pada pilihan dofollow .... horeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  73. Informasi Terhangat tentang 7 kejadian langka dan spektakuler di seluruh dunia, ikuti update-an nya setiap hari.. Keep stay tune!!

    BalasHapus
  74. Mantap Nich bang, terima kasih sekali Buat Info yan sangat Menarik ini yach...

    BalasHapus
  75. terimakasih gan atas info nya , saya jadi tambah ilmu lagi nich , smoga makin sukses blog y gan , mampir y ke blog saya ehhehehe :D

    BalasHapus
  76. makasih nich infonya
    membantu skali...
    saya pilih dofollow aja dech
    salam kenal

    BalasHapus
  77. disamping ada fositifnya pasti ada negatifnya,,ya saya pikirr itu sichh resikonya,..

    BalasHapus
  78. bagaimana caranya mengurangi rersiko kekurangannya gan,,.????

    BalasHapus
  79. wah ternyata menjadi blog dofollow itu selain dapat keuntungan,ternyata banyak juga kerugian yg bisa kita dapat ya gan.

    BalasHapus
  80. mas ada antisipasinya buat mencegah/mengurangi terjadinya kerugian tsb?

    BalasHapus
  81. info bagus gann tapi berhubung takut dianggap spamm jadi kata kata nya say tambahkann gan,,,heheh

    BalasHapus
  82. keuntungan yg di dapat dofollow lebih besar ya di banding nofollow

    BalasHapus
  83. kyk ny lebh banyk keuntungan tuk jadi blog do follow..

    BalasHapus
  84. apapun itu hajar aja, yg penting senang, hahaha..

    BalasHapus
  85. sebenarnya apasih ciri - ciri blog dofollow itu bang??
    sory ane newbie

    BalasHapus
  86. Semua tergantung dari tujuan semula membuat blog dari para sobat blogger, yang penting heppy....

    BalasHapus
  87. Inginnya jadi dofollow biar trafic melonjak tapi napa harus ada resikonya ya sob

    BalasHapus
  88. ternyata begituh ya..
    saya baru tau
    makasih ya sob...

    BalasHapus
  89. artikel yang menarik. Salam kenal gan dan mohon dukungannya

    BalasHapus
  90. hemmm ,jadi ini toh kerugian dan keuntungan blog dofollow.saya sebagai blogger baru pake nofollow saja dulu.setelah blog saya sudah naik page rank nya ,baru saya ubah jadi dofollow

    BalasHapus
  91. Artikel yang menarik, saya sudah browse kesana sini apa untung dan rugi dofollow atau no follow, tapi di artikel ini yang paling lengkap dan obyektif. thanks to share.

    BalasHapus
  92. slamat siang mas brooo, nice info sehubungan dengan blog baru yg sedang mulai saya rintis. saya tadinya bingung menentukan blog saya mo do follow atau tidak karena masih kurangnya pemahaman saya. tp melalui artikel anda, saya jd lbh mengenal lebih jauh ttg blog do follow...

    trimakasih mas brooo...
    sukses selalu,

    BalasHapus
  93. wah mantab gan,.thanks ifnonya nih,...jadi banyak tau

    BalasHapus
  94. thanks ya mas infonya, saya pemula nihh blog saya http://www.andrepanggabean.com sangat terbantu dgn info seperti ini. :D

    BalasHapus
  95. gan tolong lihat blog saya dofollow atau nofollow,soalnya saya udah edit jadi dofollow tapi tidak tau berahasil atau engganya..

    kasih tau saya hasilnya,thanks

    BalasHapus
  96. info yg bagus saya baru coba buat blog dofolow gan .....

    BalasHapus
  97. Maasih gan infonya...saya baru aja merubah blog saya menjadi dofollow

    BalasHapus
  98. Berarti banyak kerugiannya dong. Kalau saya pribadi pilih nofollow sajalah.

    BalasHapus
  99. saya akan terus dofollow karena sudah kenenakan dengan dofolow....

    BalasHapus
  100. kalo saya mah gak tau dofollow ato no follow yang penting menurut saya ya cuma posting dan ngeblog ja hehehehe.

    BalasHapus
  101. blog ane jadi paham do follow aja deh :)

    BalasHapus
  102. keuntngan dan kerugian ny gak juga bnyak..

    BalasHapus
  103. thank gan infonya,,
    gua sudah pake do follow.

    hasil nya lumayan sedikit2 juga ada comment yang masuk,
    n itu artinya Visitornya tetap jalan..
    kunjungi and follow nya ya http://harppy-phoenix.blogspot.com/

    BalasHapus
  104. salam blogger...
    tadinya blog saya nofollow,,tapi setelah baca postingan ini jadi di dofollow kan,,soalnya pengen liat efeknya kayak gimana,,. hehe. thanx infonya gan..

    BalasHapus
  105. Makin pingin aja menjadikan blog saya dofollow.

    BalasHapus
  106. thanks :)
    sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  107. Thanks for your tutorial and info really helped me. TQ

    BalasHapus
  108. Mantap Om... maju terus... dan berbagi ilmu yg pertamax wahihuh... :p

    BalasHapus
  109. Di blog saya yg satu jjuga do follow, yg komen selalu spam.

    BalasHapus
  110. makasih articlenya gan..saya baru tau kerugiannya kaya gitu..

    BalasHapus
  111. wah pntesan ada sebagian blog/web yg ga ada kolom komennya..mungkin itu jga penyebabnya..

    BalasHapus
  112. infonya menarik sekali.. :) tapi untuk konfirmasi komentnya tetep ada kan bro???

    BalasHapus
  113. saya pilih dofollow aj deehh..

    BalasHapus
  114. bagus banget gan postingannya....
    kunjungan balik y gan di http://salarspirecom.blogspot.com/

    BalasHapus
  115. Saya lebih memilih nofollow, sebelumnya dofollow tapi pagerank langsung turun

    BalasHapus
  116. blogwalking sahabat blogger

    BalasHapus
  117. trus, cra ngtahuin blog kta dofollow atau nofollow gmn???
    cra ngbah blog dari nofloow ke dofollow / sebaliknya gmn???

    BalasHapus
  118. abis baca ttg dofollow pas liat komentarnya numpuk gini! haha
    kasih tau dong bos cara tau blog kita dofollow / nofollow. pusing gw liatnya..

    BalasHapus
  119. Mantap sob,,, bog ane juga dofollow ni,,

    eamng banyak banget tantangan kalau blog dofollow cuy,,,

    tetap semangat...

    BalasHapus
  120. nice info gan
    gak papa lah jadi tempat spam, yang penting rame
    hehehe

    BalasHapus
  121. owh begitu ya ternyta keuntungan dan kerugian blog dofollow :)

    BalasHapus
  122. Oh begitu toh,saya jadi tau,tapi enak juga pake difollow

    BalasHapus
  123. tararengku 4info ... buka www.ravictory.co.cc DOFOLLOW DIJAMIN !!

    BalasHapus
  124. nice gan,, bookmark dulu ah,,
    http://rickieshops.blogspot.com/

    BalasHapus
  125. lagi fikir fikir mau ngrubah blog jadi dofollow, tapi nemu artikel ini.. dapet pencerahan.. thanks gan..

    BalasHapus
  126. makasih gan untuk infonya...
    sekali google langsung dpt jawaban yang akurat...
    ane makin tambah ragu untuk jadiin sittus ane dofollow :D

    BalasHapus
  127. Bingung gan dofollow tuh gmna ? XD... http://amminessalafy.blogspot.com

    BalasHapus
  128. sip sip boss

    http://zhafranahmad.blogspot.com

    BalasHapus
  129. keren,,, tapi jujur aku masih pusing, mau pilih blog dofollow atau masih bertenger pada blog nofollow. Tapi, thanks infonya gan semoga sukses selalu!!!! kunjungi juga yah blog aku di Belajar Internet

    BalasHapus
  130. Ya.. Bagi bagi lah

    yang sering niggalin jejak di blog orang, mestinya rela blog nya di tinggallin jejak jug :-D

    BalasHapus
  131. thanks gan, akhirnya saya putuskan blog ane buat jadi dofollow

    BalasHapus
  132. tfs gan...
    indahnya berbagi ...

    salam damai kami sepanjang hari..

    BalasHapus
  133. informasinya bagus gan..

    salam kenal yy

    BalasHapus
  134. keywordluv itu mungkin maksudnya commentluv kah?

    BalasHapus
  135. Sangat membantu bagi newbie seperti saya, gan..
    Thank u..

    http://menginfo.blogspot.com/

    BalasHapus
  136. wiss nice info gan...
    jadi betambah ilmu ane di bulan puasa ne...
    met puasa agan2 smua...

    klo ada waktu bekunjung ke blog ane...
    tp dimaklumi aja yaa blog nya masih jelek....
    msih newbie ne gan...:)

    BalasHapus
  137. manteb kang infonya...beramal backlink tuk blog orang laen kayaknya dapet pahala tu kang,,,,

    BalasHapus
  138. baru mengerti bos hampir aja blog ku aku buat dofollow..makasih yach nice share..:D

    BalasHapus
  139. Terimakasih informasinya, semoga makin sukses.

    BalasHapus
  140. agan sendiri gimana blognya? dofollow juga kah? :p

    BalasHapus
  141. emank kalu blog dofollow komennya banyak banget http://facewoman.blogspot.com/

    BalasHapus
  142. Thanks Kunjug Balik Y
    Jangan Lupa Follow

    BalasHapus
  143. Saya udah coba buat blog saya jadi dofollow hehe

    BalasHapus
  144. makasih atas infonya.. jadi saya bisa mempertimbangkan untuk memilih yang mana..
    di tunggu tips" berikutnya

    BalasHapus
  145. ane buka dopolow aja blog ane berhubungi kita menikmati aja enjoy ngeblog gan sesuai moto gratisan silahkan bagi yang mau berkunjung http://iklangratisbloger.blogspot.com

    BalasHapus
  146. Makasih sobb ......
    sangat membantu sekali nih postingnya

    kalau tidak keberatan jenguk ke blog aku ya
    http://hanya-goresan-biasa.blogspot.com/

    BalasHapus
  147. Tulisan sobat bisa menjadi pertimbangan untuk menjadikan blog doffolow atau tidak. Terima kasih sob...

    BalasHapus
  148. kira" cepat mana sobat naik prnya., blog dofollow / nofollow

    BalasHapus
  149. Uraian diatas sangat jelas skli, blog anda ini dofollow atau/ nofollow? maklum saya pemula jadi tidak tahu bagaimana mengecek blog yang dofollow atau/ nofollow. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui sebuah situs do atau nofollow, bisa sobat pakai add ons nodofollow. Tetapi sobat harus memakai firefox sebagai alat browsingnya. Untuk mendapatkan add ons-nya tinggal cari di google, banyak kok...

      Hapus
  150. waw nice info gan. jangan lupa visit back ya :)

    BalasHapus
  151. hehehe...
    ikut gabung ah.
    mohon kebijakannya ^_^

    BalasHapus
  152. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  153. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  154. hmm jadi bingung mao di ubah jangan ya...

    BalasHapus
  155. benar - benar pilihan yang sulit nofollow atau dofollow sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan

    BalasHapus
  156. blog ini dofollow ya?
    ngerubah nya gmna si biar kolom komentar jadi dofollow ?

    coba cek web ane gan
    http://catatan-random-gw.blogspot.com/

    BalasHapus
  157. makasih info.a gan, oh ya gmana cara check blog klu udah dofollow, ane bingung sma blog ku, itu dah dofollow apa masih nofollow..
    makasih sebelumnya.. :D

    BalasHapus
  158. Uraian diatas sangat jelas skli, blog anda ini dofollow atau/ nofollow? maklum saya pemula jadi tidak tahu bagaimana mengecek blog yang dofollow atau/ nofollow. Trima kasih

    BalasHapus
  159. terima kasih atas penjelasannya gan... blog ane dofollow gan... kunjung balik ya....

    BalasHapus
  160. Oke gan^^ thanks infonya .. nofollow aja deh wkkwkw

    BalasHapus
  161. nice blog sob..
    Download Film Bioskop gratis hanya di http://kumpulanfilmfilm.blogspot.com

    BalasHapus
  162. yahh begitulah resikonya jadi blog dofollow... tks dah gan ..

    BalasHapus
  163. Trimakasih gan infony..

    sangat bermanfaat bagi perkembangan blog saya.. :)

    Porn Naughty | Free Porn

    BalasHapus
  164. makasih infonya gan,,
    sukses selallu...

    BalasHapus
  165. Terimakasih Ilmunya,, info ini menjadikan saya lebih jelas tentang kelebihan dan kelemahan blog doffolow.

    BalasHapus