SEJARAH KOMPUTER

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic)

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.


Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:

* Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik

* Komputer Generasi Pertama

* Komputer Generasi Kedua

* Komputer Generasi Ketiga

* Komputer Generasi Keempat

* Komputer Generasi Kelima

ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIKAbacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya

Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak

Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan

Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.


Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.

Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna general-purpose computer), ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

KOMPUTER GENERASI KEDUA

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.


KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.


KOMPUTER GENERASI KELIMA

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.


sumber : http://widi.unpad.ac.id/archives/48
Posted by: Barajakom Barajakom, Updated at: 11.21

164 komentar:

  1. EGP = Emang gue pikirin

    BalasHapus
  2. kek pelajaran ina dlo pas masuk pertama,... hihihihi....

    keren dah,... makasih yah!!!

    BalasHapus
  3. panjang juga yah..
    tappi bagus banget
    karena tanpa sejarah..
    seakan tdak ada artinya komputer ini..

    BalasHapus
  4. baca juga nich.. sob artikel aq, kali aja berguna... hehehe
    salam kenal buat semuanya ya...

    BalasHapus
  5. tolong tambah dengan gambar komputer tiap generasinya donk, biar lebih mengenal dan mudah mengerti

    BalasHapus
  6. """haluu mas..,

    oya, nie dany, linknya mohon diganti ya yg wordpress.. jadi danyexel.com

    karena yg wordpress di susupend..

    thanks before :)""""

    BalasHapus
  7. thnx infona, simu foo....

    BalasHapus
  8. Kita jadi ngerti asal muasal kompie neh, makasih sobat!

    BalasHapus
  9. kayakx kalo d tambah dgn gambar pasti lebih bagus.....=)

    BalasHapus
  10. teriamakasih artikelnya sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  11. lengkaPp BaNgEdHh DeCcHh . . .

    BalasHapus
  12. smpe'7 work sheet gag niggh ea??

    BalasHapus
  13. rani d smk 1 wtp11 Oktober, 2009 09:38

    wawawwawahhhh..... i like it

    BalasHapus
  14. ini ni yG kucari
    tp ada gk sejarah komputer yg penjelasannya agak singkat gitu...

    BalasHapus
  15. tq ya gw copy paste dolo buat tugas

    BalasHapus
  16. makasi artikelnya barajakom

    BalasHapus
  17. nulis artikelnya lama ya sob, kalo panjang gini cape juga nulisnya lho..

    BalasHapus
  18. wah pengunjungnya da ampe seribu ya mas, kapan ya aku bisa spt ini

    BalasHapus
  19. Wah...infonya lengkap banget...jadi tau nih n tambah pintar.

    Terima kasih infonya...

    Muantab juga alexa nya

    BalasHapus
  20. wach,,,kerrenn nich,,jd tambah pinter nich gw...
    hehehwkwkwkwkwkwkw...

    BalasHapus
  21. BRO NI NAMANYA ARTIKEL. LENGKAP semua.

    BalasHapus
  22. kaka_yg_baik_pencari_PR_adiknya29 Oktober, 2009 21:56

    1000++ visitor, 80% kemungkinan yang membuka adalah para murid yang disuruh guru TIK ntuk mencari tentang ini, heheuhuehuehue..

    BalasHapus
  23. klo isa bsa lebih k dalem lg ...

    BalasHapus
  24. thank's bozz artikelnya....

    BalasHapus
  25. jadi bisa nyumbang buat tugas anakku...

    BalasHapus
  26. anifah khoirun nisa'16 November, 2009 09:57

    tolong penjelasan tentang sejarah komputernya lebih diperdalam lagi atau lebi diperjelas lagi untuk lebih ke dalamnya

    BalasHapus
  27. Its good.I like it.Coz,I Jadi + mudeng,How awal terjadinya comptr yg smpe skrg qta pke.THANK YOU.

    BalasHapus
  28. thx ya ini sangat membantu project aku

    BalasHapus
  29. thanks... tulisannya bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  30. ay copy yah..????? leh ya...

    makasih ya bro......wse..

    BalasHapus
  31. pake komputer dari dulu sudah lama....nggak satupun sejarahnya yang aku tahu. posting bagus bos...

    BalasHapus
  32. lengkap banget... dari mana dapat info ni?

    BalasHapus
  33. mantap lengkap bangetzzzzzzzz !!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  34. lam knal, blh copy sejarah kmptrna ga?? mksh

    BalasHapus
  35. lengkap bgt, ijin kapas yaa..makasih ^_^

    BalasHapus
  36. BAGUS BGT ISINYA,MG BERMANFAAT U/YG LAINNYA JUGA

    BalasHapus
  37. Ternyata belajar sejarah itu sama saja, banyak hapalannya hehehe

    BalasHapus
  38. artikelnya bagus bos.. thanks..

    BalasHapus
  39. sob, aku izin mengambil artikelmu dan ditampilin di blog sebagai tugas sob. sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
  40. gw sedot artikelnya y buat tugas.
    thx

    BalasHapus
  41. wah artikelnya bagus mas nih website saya www.belajartentangkomputer.tk dan www.sejarahsejarahdunia.tk

    BalasHapus
  42. @"Anonymous : EGP (emg gue pikirin)"
    ini contoh orang bodoh & bebal,dikasih otak sama Tuhan percuma...boro2 lo buat komputer...buat nasi uduk aja udah bagus

    BalasHapus
  43. artikelx bagus bget. . kunjungi website saya ja di adityakurosaki.blogspot.com. . jgan lupa commentx. .

    BalasHapus
  44. posting dong komputer terkininya...

    BalasHapus
  45. wah ternyata panjang juga ya sejarah komputer...
    tapi terima kasih ya atas artikelnya....

    BalasHapus
  46. computer is very lazy

    BalasHapus
  47. can i no you name

    BalasHapus
  48. ah kaga ada bgus-bagusnya....


    butut banget kaya rongsokan,,,,

    BalasHapus
  49. huhehehehehe kgak2,bercanda......

    BalasHapus
  50. ternyata komputer adalah benda yg bersejarah y

    BalasHapus
  51. bagus nih ,
    aku jadi tau sejarah komputer .
    makasih ya

    BalasHapus
  52. blognya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

    BalasHapus
  53. panjang bener perjalanan mu komputer...kalau manusia sudah kakek2 tu

    BalasHapus
  54. makasih atas informasinya, kalau boleh usul gimana kalau sejarah tentang informasi dan kemajuan teknologi juga dibahas

    BalasHapus
  55. hasan nur muhammad09 Oktober, 2010 08:59

    sip artikelnya bagus.... bagi dong ilmunya..

    BalasHapus
  56. guuuuuud...........mornink,,,,,,,,,,,,heeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  57. untung resistor tu kakek aku yang temuin
    coba klo gk
    komputer skrng pasti gk sekecil skrng

    BalasHapus
  58. Mkz Brigadier Faziel02 November, 2010 18:24

    Sekarang mah internet nggak kayak dulu lagi, sekarang komputer di buat yang aneh2...ngebohongin orang....!!!!

    BalasHapus
  59. bnyk yg mnyalahgunakan internet...

    BalasHapus
  60. andre sich basofi19 November, 2010 08:56

    wach di intrnet qta isa cari tugas dgn mudah.....

    BalasHapus
  61. caiio internet... perlu dikmbangkan...

    BalasHapus
  62. Cari iklan be2k goreng d internet da g yaa???

    BalasHapus
  63. thanx ea bwdht informasi'y !!!!!!!!!

    BalasHapus
  64. thanks buat informasi dan & ilmuny..... n gbu

    BalasHapus
  65. Suatu hari nanti, komputerlah yang akan mengendalikan manusia. Perhatikan saja saat ini manusia dan makhluk hidup di dunia sudah banyak yang dikendalikan oleh komputer.

    Makanya jadi orang yang cerdas yaa...

    BalasHapus
  66. sipp
    ' ni infonya.mkasih
    dapat'kan Artikel komputer terbaik. d sini http://opick.phpnet.us/

    BalasHapus
  67. dari generasi ke generasi pengembangan komputer selalu memberikan yang terbaik.

    BalasHapus
  68. Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.

    BalasHapus
  69. thanks yach for info na...

    BalasHapus
  70. I’m impressed, I have to say. Very seldom do I see a blog thats both educational and entertaining, and let me tell you, you’ve hit the nail on the head. Your blog is important; the matter is something that not a lot of people are talking intelligently about. I’m really happy that I stumbled across this in my search for something relating to it.

    BalasHapus
  71. Hi, I recently clicked to your site and started reading along your articless. I thought I would leave my first comment. I dont know what to say except that I have adore reading your website. It is a realy nice website. I will keep visiting this blog very often…

    BalasHapus
  72. Thx infonya..
    Buat kerja tugas ^^...

    BalasHapus
  73. Lumayan nie..buat bahan ujian....

    BalasHapus
  74. masih kurang lengkap mas.... alat komputasi pertama itu adalah tulang..... sejak jaman dahulu.... saya pernah kerja tugas ini dulu,,,...

    BalasHapus
  75. hatur nuwun gan info'ya... lam kenal

    BalasHapus
  76. terima kasih gan, saya jadi dapet inspirasi buat ngerjain tugas...
    hehe

    BalasHapus
  77. manteppp om,, sukses ya om

    BalasHapus
  78. Nice share, tulisan ini saya jadikan bahan referensi, terima kasih

    BalasHapus
  79. Mantep artikelnya gan, bermanfaat banget buat tambahan pegangan pembelajaran mengenal komputer...

    BalasHapus
  80. bacaan yang bermanfaat khususnya untuk yang berkecimpung di dunia IT...

    BalasHapus
  81. thx,, infonya menambah wawasan saya...

    BalasHapus
  82. thanks ya...bisa bantuin tugas w nih

    BalasHapus
  83. tolong kalau ada yang baru di update.. Thank you

    BalasHapus
  84. PAnjang banget Tapi thanq's yaa Info'a

    BalasHapus
  85. waduuuh, pnjang bgt...
    tpi dmi tgas gpp dech...
    :)

    BalasHapus
  86. chacha vena rizki24 Juli, 2011 07:50

    berguna bgt dech,.,.,.

    BalasHapus
  87. terima kasih sumbernya..

    dateng ya
    www.PCforLearn.co.cc

    BalasHapus
  88. makasih ya buat yg bikin web ni.hehehe

    BalasHapus
  89. thank's ya atas informasinya.....

    prikitiew...

    BalasHapus
  90. TQ BNYAK MBAH GOOGLE.....
    WKWKWKWKW

    BalasHapus
  91. panjang vhie berguna

    BalasHapus
  92. pnjang bngt ..
    gwe bileng sirah ..
    tp gpp now manfaate ...
    matur thanks" sapiteng

    BalasHapus
  93. tambahin gambar deh, mas.
    pasti bakalan lebih bagus artikelnya.
    sudah bener kok dengan cantumin sumbernya.
    makasih.

    BalasHapus
  94. makasih ya,,,,

    aku jadi tahu semuanya

    hehehe......

    BalasHapus
  95. trim'z yya dach di ksih tau .....

    BalasHapus
  96. info yang sangat bagus.. jadi banyak tau

    BalasHapus
  97. jadi bisa nambah wawasan deh....

    BalasHapus
  98. mas numpang copas buat blog saya yah.... makasih....

    BalasHapus
  99. mantap infonya,, tapi kalau di kasih gambar mantap lagi,,

    BalasHapus
  100. Komputer memang sekrang ini sudah berperan aktif dri semua sisi khidupn manusia

    BalasHapus
  101. yg nulis artikel ini tolol

    BalasHapus
  102. Maksih atas infonya, ini sangat membantu sekalibagi saya

    BalasHapus
  103. thanks for the information hopefully can provide value to the many benefits

    BalasHapus
  104. lengkap banget tuh sejarahnya... keren gan.. tetap semangat

    BalasHapus
  105. lengkap banget tuh sejarahnya... keren gan.. tetap semangat

    BalasHapus
  106. thanks for the information hopefully can provide value to the many benefits

    BalasHapus
  107. sejarah komputer adl awal peradaban manusia??

    BalasHapus
  108. haduhh...
    sejarah komputer semakin kesini semakin meningkat aja ya...
    keren dehh!!!!!!

    BalasHapus
  109. trimakasih atas informasinya.
    informasi ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  110. canggih dah sejarah komputer, semakin maju ....

    thank you all !!!!!!

    BalasHapus
  111. Makasih gan Pengetahuan nya,,
    ini sungguh bermanfaat buat saya..

    Terimakasih dari : http://harppy-phoenix.blogspot.com

    BalasHapus
  112. Wah mantep nih lengkap banget

    BalasHapus
  113. makasih banget nih telah mo berbagi ilmunya

    BalasHapus
  114. Panjang juga sejarah komputer ya...,
    Kita tahunya pakai saja...

    BalasHapus
  115. Mkasih nih informasinya,,,menambah ilmu sejarah...

    BalasHapus
  116. keknya persis di buku catatan ane waktu kelas 1 smp deh.
    thanks wat artikelnya om
    manteb dah....

    BalasHapus
  117. Ulasannya menarik, mohon ijin untuk copy paste di blog saya http://imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/

    BalasHapus
  118. mantap ni om :D
    di sini yg main LS siapa ?
    gw punya ni cheat 100% no keylogger

    BalasHapus
  119. keren artikelnya, makasih banget infonya..

    BalasHapus
  120. ngga ada info tentang kemungkinan komputer masa depan kaya gimana apa ya .

    BalasHapus
  121. terima kasih, tulisannya sangat berguna

    BalasHapus
  122. terlalu jauh kalau saya kini telah membahas bhasa pemrograman..tapi sejarah pun tdk tahu....info yg bermanfaat!

    BalasHapus
  123. Detail sekali menguraikan sejarah komputernya mas bro...
    Thanks

    BalasHapus
  124. Jad paham sejarah penemuan komputer nih.

    BalasHapus